Berbagai Macam Wire Sling dan Kegunaanya

0
55

Tali sling merupakan sebuah tali yang tebuat dari besi baja dan digunakan untuk mengangkat bahan-bahan berat. Tali yang biasa disebut juga dengan wire sling ini didesain dengan lengkungan dibagian ujungnya yang menyerupai mata kail pada pancing. Hal ini dilakukan supaya memudahkan kita dalam mengait suatu objek yang akan kita pindhakan atau lain sebagainya.

Sebagai pekerja proyek, kita tentunya diwajibkan tau berbagai jenis-jenis tali sling ini dengan berbagai kelebihan dan kegunaanya. Karena tali ini tidak terlepas dari pekerja proyek khususnya dalam pembangunan gedung-gedung pencakar langit yang bahannya tidak lain dari besi atau baja yang kokoh dan memerlukan alat berat untuk mengangkatnya.

Berikut beberapa jenis tali sling beserta kegunaanya yang dapat anda jadikan referensi dalam memudahkan pekerjaan anda di proyek.

1.      Jenis Wire Rope Sling

Yang akan kita bahas pertama yaitu tali wire rope. Tali ini dibuat menggunakan tali baja yang dipilih yang biasa disebut dengan strand. Pilinan dari wire rop ini mencapai dua kali pilinan.

Pilinan yang pertama merupakan inti, kemudian strand dipilih kembali dengan mengelilingi pilinan inti yang pertama tadi. Kemudian tidak lupa ujungnya dibuat seperti pengait yang memudahkan dalam pengaitan suatu objek.

Bentuk dari sling ini sangat kokoh dengan bobot yang agak berat. Namun tali jenis ini dapat kita dapatkan sesuai dengan kebutuhan kita dilapangan. Dengan begitu kita dapat custom tali sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Kegunaan tali ini adalah untuk mengangkat suatau barang, mengikat, menarik, bahkan untuk menambatkan sebuah kapal.

 

2.      Jenis Chain Sling

Yang kedua yaitu tali jenis chain sling. Tali ini dibuat dari gabungan beberapa besi yang berbentuk melingkar, sehingga terbentuklah tali yang serupa dengan rantai. Namun perbedaanya dengan rantai adalah pada bagian ujungnya yang memiliki pengait. Jadi setiap tali sling selalu memiliki pengait untuk memudahkan dalam pengangkatan suatu barang.

Fungsi dari tali jenis ini adalah biasa digunakan sebagai matrial pengangkat dan penarik suatu benda, membantu menggerakkan mesin yang dapat digunakan pada soller mesin, dan yang terakhir digunakan sebagai pengaman suatu bend berharga.

 

3.      Jenis Webbing Sling

Tali jenis webbing sling ini memiliki kegunaan yang sama dengan tali wire dan tali chain. Selain kegunaanya, tali-tali ini juga memiliki kekuatan yang sama dalam menjalankan tugasnya. Namun disamping persamaan, ketiga tali ini juga memiliki perbedaan yaitu, tali webbing dibuat menggunakan bahan yang lebih ringan dibanding dengan tali wire dan tali chain.

Selain itu, karakter dari bahan tali ini juga flexibel yang mudah dalam inspeksi atau perombakannya. Dan perbedaan yang terakhir adalah kualitasnya jauh lebih bagus, karena tali ini lebih tahan karat dibanding dengan tali lain.

 

4.      Jenis Round Sling

Jenis tali yang terakhir ini aadalah round sling yang sangat cocok bagi anda yang menginginkan kesempurnaan dalam pengangkatan benda yang anda lakukan. Tali ini memiliki bentuk melingkar sempurna sehingga dapat menempatkan posisi benda yang diangkatnya dengan pas.

Tali ini terbuat dari besi baja yang dilapisis dengan sintetik, sehingga lebih ringan. Walaupun dengan bobot yang ringan, namun tidak diragukan lagi jika tali ini juga dapat mengangkan beban yang maksimal.

Rond sling ini memiliki beberapa keunggulan salah satunya yakni talinya akan tahan lebih lama karena terbuat dari dua lapis baja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here