Apa itu menstruasi?

0
43
Apa itu menstruasi?

apa itu datang bulan dan apa itu menstruasi? Sebelum menjelaskan lebih lanjut, perlu diketahui bahwa menstruasi dan datang bulan itu memiliki arti yang sama, hanya saja perbedaan bahasa saja, kalau menstruasi itu lebih kebahasa orang medis dan datang bulan bahasa sehari-hari. Datang bulan merupakan salah satu siklus bulanan dari bagian repoduksi wanita, yang mana setiap 3-8 hari pada area vagina mengalami pendarahan setiap harinya. Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda diantaranya ada yang 21- 40 hari dengan rata-rata pada siklus 28hari.

Ketika organ repoduksi sudah berfungsi dengan baik maka menstruasi juga akan terjadi serta menjadi salah satu tanda alam bahwa seorang wanita memasuki masa pubertas. Setiap bulannya proses menstruasi akan membuat dinding rahim semakin tebal dan siap untuk dibuahi hingga hamil.

Apabila sel telur tidak dibuahi , dinding rahim akan mengalami luruh yang kemudian akan keluar dari vagina. Siklus tersebut akan terus dialami oleh wanita hingga dia hamil atau mengalam menopause.

Menstruasi pada umumnya pada 2 hari pertama akan mengalami pendarahan akan pada masa deras-derasnya dengan warna darah yang cenderung merah pekat. Setelah hari kedua kondisi darah yang dikeluarkan lebih ke merah muda warnya, coklat agak kehitaman. Biasanya dimasa haid wanita bisa kehilangan darah mulai 3-12 sendok teh tergantung dari intesitas darahnya.

Menstruasi pertama biasa terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia 11-15 tahun dan mengalami menopause di usia 45tahunan.

Gejala anda mengalami menstruasi

Gejala pasti dari menstruasi adalah munculnya darah dari area vagina yang mana terdiri dari 10% darah dan 90% lapisan dinding rahim yang ikut keluar. Namun ada juga gejala lainnya yang biasa dialami ketika sedang menstruasi atau datang bulan diantaranya sebagai berikut

  • Naiknya berat badan
  • Sangat mudah marah
  • Mudah berganti suasana hati
  • Kualitas tidur yang menurun Kembung pada perut
  • Nyeri dan keram pada perut hingga area payudara Jerawat yang muncul dengan banyak secara tiba-tiba
  • Cepat merasa lelah
  • Selalu ingin makan

Siklus datang bulan adalah salah satu tindakan dari tubuh untuk mempersiapkan kehamilan, ketika kehamilan tidak terjadi karena tidak dibuahi sel telurnya maka akan muncul yang nama haid, datang bulan atau menstruasi.

Hari pertama keluar darah melalui vagina sudah dihitung sebagai hari pertama terjadinya menstruasi. Menstruasi sendiri terdiri dari berbagai macam hormon yang mengaturnya mulai dari progesteron dan estrogen yang paling umum, jadi mau baca tentang menstruasi disitus manapun akan sering disebut 2 hormon tersebut.

Menstruasi yang normal biasanya tidak akan menyebabkan rasa sakit, jadi sakit yang dialami saat menstruasi masih tergolong wajar-wajar saja seperti nyeri dan kram. Tapi salah satu kasus yang pernah ditemui oleh saya pribadi sebagai penulis, ada menstruasi yang menyebabkan rasa sakit luar biasa hingga pingsa. Apabila hal tersebut terjadi pada anda segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here