SehatQ.com : Ini Manfaat Scaling Gigi Yang Harus Anda Ketahui!

0
32

Untuk menjaga gigi tetap sehat, tentu tidak hanya dengan menyikat gigi secara teratur pagi dan malam saja. Anda juga harus melakukan salah satu kegiatan yaitu scaling gigi secara berkala. Metode scaling pada gigi ini mampu mencegah gigi Anda rusak yang merupakan salah satu prosedur non operasi oleh dokter gigi.

Tindakan medis ini untuk membersihkan plak dan juga karang gigi, biasanya melalui dua model yaitu kuret dan juga gelombang ultrasonik. Dalam prosesnya, melakukan scaling terasa ngilu dan ada biaya yang mahal. Tapi tenang saja jika anda memiliki keanggotaan BPJS Kesehatan, sekali merupakan salah satu perawatan gigi yang tercover BPJS. Nah tahukah anda bahwa scaling ini punya banyak manfaat?

 

  • Rongga mulut lebih sehat, saat melakukan scaling gigi otomatis bagian rongga mulut Anda menjadi lebih sehat karena terhindar dari pembentukan karang gigi dan juga plak. Kegiatan ini menjadi sumber bakteri untuk membuat gigi anda jadi berlubang. Saat gigi berlubang perlahan-lahan bakteri bisa masuk ke pembuluh darah dan membuat bagian tubuh lain terserang penyakit. Ada sebuah riset yang menyebutkan bahwa ketika kesehatan gigi menurun maka bisa menyebabkan bahaya itu penyakit demensia, penyakit jantung dan juga diabetes. Apalagi jika sakit gusi yang anda derita menjadi lebih parah, maka bisa menyebabkan pembuluh darah rusak.
  • Warna gigi yang kuning lebih cerah, Anda yang memiliki warna gigi mengalami perubahan maka perlu tindakan medis kegiatan sekali ini bisa membuat warna gigi anda jadi lebih cerah. Apalagi jika anda memiliki gigi asli dengan warna yang putih bersih. Gigi menguning tandanya terdapat tumpukan plak dan juga karang gigi. Namun ada juga harus mengurangi konsumsi minuman manis dan rokok agar warna gigi tetap bertahan cerah.
  • Nafas segar, melakukan scaling adalah salah satu solusi untuk membuat nafas anda lebih segar. Alasannya tentu karena sudah tidak ada lagi plak dan karang gigi yang sudah dikikis lewat metode scaling. Seseorang yang malas menggosok gigi bisa menyebabkan plak dan karang yang menumpuk di permukaan gigi lewat sisa-sisa makanan. Kebiasaan buruk tersebut membuat bakteri banyak masuk sehingga nafas menjadi tidak sedap.
  • Menyehatkan gusi, kegiatan scaling mampu membantu menyehatkan bagian gusi anda. karena pembersihan plak dan karang gigi ini berada pada garis gusi di bagian bawah. Namun disarankan setelah melakukan scaling sebaiknya rawat gigi dan gusi. Dengan cara yaitu menggunakan pasta gigi khusus pembersih karang. Pasta gigi ini punya kandungan bahan abrasif rendah dan juga surfaktan, sehingga bisa mengikis plak dan karang gigi.
  • Mencegah gingivitis, tindakan scaling gigi adalah untuk menghilangkan karang gigi. Karang yang dibiarkan bisa menyebabkan penyakit gingivitis. Gingivitis adalah kondisi dimana gusi yang meradang, bengkak dan juga mudah sekali berdarah. Jika dibiarkan berlama-lama maka akan terjadi karies gigi. Bahkan yang lebih baik lagi bisa menyebabkan periodontitis. Yaitu kondisi dimana jarak antara gusi dan gigi menjadi renggang. Keadaan paling parah yaitu membuat gigi bisa lepas dengan sendirinya jika tidak dilakukan pengobatan tepat.

 

Nah itu tadi beberapa  manfaat scaling gigi yang harus diketahui oleh masyarakat. Kegiatan sekali ini merupakan salah satu metode perawatan gigi paling murah dan tentu saja tetap tercover BPJS. Jadi anda bisa menghemat budget perawatan kesehatan keluarga. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai scaling pada gigi, Anda juga bisa mengunjungi platform kesehatan masyarakat yaitu SehatQ.com.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here