Pertanyaan Menarik Seputar Kehamilan : Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

0
74

Kopi merupakan minuman kental pekat berwarna kehitaman. Kopi banyak dikonsumsi sebagai minuman penambah energi untuk mendukung aktivitas harian yang dilakukan. Dahulu untuk mengonsumsi secangkir kopi, masyarakat harus menggunakan kopi bubuk. Namun, pada era sekarang beragam warung kopi berjejer untuk dipilih menyajikan beragam kopi dan rasa. Bahkan beberapa kopi juga telah dikemas dalam kemasan siap seduh dalam rumah saja. Tetapi tahukah anda kopi tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang? Ada beberapa golongan tertentu yang harus membatasi diri mengonsumsi kopi dalam periode tertentu.

Kehamilan membuat beberapa masyarakat yang menjalankannya harus mengurangi hingga tidak lagi mengonsumsi kopi lagi. Bahkan tidak hanya kopi saja, tetapi beberapa minuman yang mengandung kafein didalamnya diharuskan untuk membatasi diri dalam konsumsi harian. Hal tersebut dikarenakan kafein dalam jumlah banyak akan membahayakan janin selama masa kehamilan. Tetapi banyak sekali ibu – ibu pekerja yang kesehariannya suka mengkonsumsi kopi untuk menjadi energi harian harus menghilangkan keinginannya tersebut. Jadi, pertanyaannya bolehkah ibu hamil minum kopi?

Ibu hamil boleh mengkonsumsi kopi selama dalam batas ambang wajar. Ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein pada kopi diatas 200 mg. Hal tersebut akan menyebabkan kandungan anda bermasalah hingga terkadang menyebabkan keguguran dalam beberapa kasus. Jika anda sangat menginginkan minum kopi, maka anda bisa memilih kopi yang tidak terlalu kuat dan kandungan kafeinnya dibawah 200 mg. Usahakan juga dalam mengonsumsi kopi anda tidak memberikan banyak gula kedalam minuman anda tersebut. Sebab, kebanyakan gula dalam tubuh saat kehamilan akan menyebabkan preeklampsia.

Bila ditanya bolehkah ibu hamil minum kopi? Jawabannya boleh namun dalam takaran yang wajar saja. Bila disarankan ketika anda akan mengonsumsi kopi usahakan kopi tersebut merupakan kopi sachet atau anda meracik sendiri. Sebab, anda akan tahu berapa takaran kandungan kopi dalam minuman tersebut. Jika anda harus membelinya melalui kedai kopi maka anda usahakan konsumsi kopi anda tidak lebih dari 200 mg. Bukan hanya kopi saja yang dibatasi konsumsinya namun juga minuman berkafein lainnya seperti teh atau minuman berenergi. Dimana kafein berlebih selama kehamilan akan membahayakan kehamilan anda.

Permasalahannya bukan hanya sekedar pertanyaan bolehkah ibu hamil minum kopi?, namun lebih kepada mengalihkan keinginan anda meminum kopi. Anda dapat menggantinya dengan makanan sehat seperti konsumsi jus ataupun melakukan kegiatan olahraga. Jika perlu anda dapat konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur atau minuman olahan dari makanan sehat tersebut. Jika anda membutuhkan seputar info tersebut atau mengenai info bayi anda maka anda dapat mengunjungi Orami. Dimana dalam Orami akan dijelaskan beragam artikel yang menunjang informasi seputar kehamilan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here