Mengolah Limbah Jadi Berkah Dengan Penggunaan Teknologi Biogas

0
5
Mengolah Limbah Jadi Berkah Dengan Penggunaan Teknologi Biogas

Mengolah limbah jadi berkah sepertinya harus diketahui oleh semua orang. Seperti yang sudah diketahui, limbah atau hasil buangan memang menjadi salah satu masalah tersendiri bagi masyarakat, terutama limbah kotoran sapi. Agar limbah kotoran sapi tersebut tidak menimbulkan berbagai macam masalah pada lingkungan maupun masyarakat maka dibutuhkan tindakan khusus dan terbaik.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kehadiran limbah sendiri tidak hanya menimbulkan dampak negatif bagi manusia tetapi juga lingkungan. Itulah sebabnya dibutuhkan penanganan khusus untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, para pengusaha juga tidak hanya memikirkan keuntungan besar dari usaha yang mereka jalani dan mengesampingkan pengolahan bisnis yang benar.

Dampak Limbah Kotoran Sapi Terhadap Lingkungan

Dari semua jenis limbah yang ada, limbah kotoran sapi ternyata menjadi salah satu limbah yang sering menimbulkan berbagai macam masalah bagi lingkungan. Adapun sederet dampak negatif dimana dapat ditimbulkan apabila kotoran sapi tersebut dibuang tanpa diolah diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pada tanah

Dampak negatif yang ditimbulkan dari kotoran sapi pada tanah adalah dapat melemahkan daya dukung tanah sehingga bisa menyebabkan polusi tanah. Terlebih lagi, kotoran sapi akan menghasilkan berbagai macam jenis gas berbahaya seperti ammonium, hydrogen sulfide, CO2 dan gas-gas berbahaya lainnya.

  1. Pada air

Sedangkan pada air kotoran sapi tersebut akan mencemari kehidupan yang terdapat didalam air. Disamping itu, adanya mikroorganisme patogenik bisa menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia bahkan bisa memicu munculnya bakteri salmonella sp.

  1. Pada udara

Dampak negatif lainnya kotoran sapi adalah bisa memicu polusi pada udara, kandungan CO2, ammonium maupun gas-gas berbahaya lainnya. Apabila sampai dihirup oleh manusia ternyata bisa menimbulkan masalah baru bahkan bisa mengganggu pernapasan seseorang.

Mengolah Kotoran Sapi Melalui Teknologi Biogas

Sudah tahu bukan apabila kotoran sapi yang dibuang begitu saja tanpa diolah terlebih dahulu memang akan memberikan banyak kerugian atau dampak negatif bagi manusia serta lingkungan. Itulah mengapa Nestle hadir berupa untuk mengolah limbah jadi berkah.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknologi biogas. Dimana proses pengolahan limbah seperti ini ternyata sudah banyak dimanfaatkan oleh banyak perusahaan. Teknologi biogas dapat meminimalisir dampak negatif dari kotoran sapi tersebut.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena teknologi biogas dapat mengubah kotoran sapi menjadi gas metana. Nantinya, gas metana tersebut dapat digunakan untuk keperluan memasak maupun penerangan di rumah. Dengan cara inilah, dapat menghindarkan masyarakat untuk menggunakan kayu atau minyak tanah untuk keperluan memasak sehingga tidak menimbulkan dampak negatif.

Kotoran sapi selama ini menjadi salah satu limbah yang sering menjadi permasalahan di tengah-tengah masyarakat. itulah mengapa, mengolah limbah kotoran sapi harus dilakukan dengan baik seperti melalui teknologi biogas. Teknologi ini dapat mengolah limbah jadi berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here