4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Audio Sound System Cepat Rusak

0
22
audio sound system

Memiliki sebuah sound system memang kerap jadi dambaan beberapa orang. Terlebih lagi, yang dimiliki tersebut merupakan brand terkenal dan toko jual audio sound system membanderolnya dengan harga yang lumayan tinggi. Tapi apakah anda tahu, ada beberapa kebiasaan sepele yang membuat sound system cepat rusak. Penasaran? Berikut ulasannya.

 

Kebiasaan Sepele yang Membuat Sound System Cepat Rusak

audio sound system

  1. Kurang Teliti dalam Memilih Kabel

Karena kini teknologi semakin canggih, sehingga harga jual dipasaran pun ikut meningkat. Untuk itu, diperlukan ketelitian dalam memilih suatu benda tertentu yang menyangkut pada bisnis termasuk perlengkapan sound system yakni kabel. Pastikan telah memilih kabel dengan kualitas terbaik, jangan sampai tergiur dengan harga yang terjangkau tapi kualitasnya masih dipertanyakan.

Selain kualitas, perhatikan pula spesifikasi yang biasanya tertera pada kardus kemasannya. Jika tidak ada di dalam kemasannya, cobalah menanyakannya pada penjualnya. Kenapa harus berkualitas? Karena bagi sound system, kabel merupakan urat nadi yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Jadi upayakan memilih kabel dengan kualitas terbaik agar performa yang ditampilkan semakin oke.

  1. Kurang Memperhitungkan Sistem Grounding dan Daya Listrik

Dalam dunia sound system, grounding memegang peranan penting. Jadi selain telitit terhadap kualitas kabel yang ditawarkan toko jual audio sound system, kemampuan grounding juga perlu diperhitungkan. Karena dengan adanya grounding, kelebihan daya ketika listrik dialirkan akan dibuang atau disalurkan ke ground atau tanah. Bila hal ini tidak diperhatikan, tentu akan menimbulkan masalah.

Bahkan kerap kali, peralatan audio seperti mixer, amplifier, dan speaker yang awalnya aktif menjadi rusak hanya karena tidak adanya grounding pada sistem mereka. Pada event outdoor, grounding biasanya dipasang pada tanah yang cenderung basah atau mendekati saluran pembuangan. Tapi bila di indoor, lazimnya sudah terdapat area grounding di setiap gedungnya.

  1. Perangkat Audio yang Bermasalah Tapi Tetap Digunakan

Yang dimaksud dengan perangkat audio disini yakni secara keseluruhannya. Yakni mulai dari instrumen, kabel, mixer, aksesoris, amplifikasi, dan speakernya. Bila anda ingin membangun sebuah sistem audio, pastikan semua perangkat tersebut berada dalam kondisi yang baik baik saja. Jika ada yang bermasalah, segera hentikan dan perbaiki atau ganti yang lainnya.

  1. Peralihan Sinyal Secara Tiba Tiba Ketika Speaker Menyala

Mungkin anda pernah mencabut kabel mic, kabel gitar, atau yang lainnya secara tiba tiba ketika sistem masih berjalan. Perlu anda ingat, jangan sampai hal tersebut terulang lagi berulang kali karena cukup berbahaya dan berakibat pada kerusakan pada perangkat tertentu. Terlebih lagi, toko jual audio sound system pula membanderolnya dengan harga yang cukup tinggi, jadi perlu diwaspadai.

Sebetulnya, ada beberapa kesalahan lainnya yang menyebabkan sound system menjadi rusak. Tapi sebagian besar, dikarenakan beberapa kebiasaan sepele yang telah disebutkan diatas. Kini anda tidak perlu khawatir lagi, karena sudah tersedia perlengkapan sound system lengkap yang tentunya aman dari kerusakan. Anda cukup mengunjungi homepage www.BliAudio.com untuk menengok produknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here