5 Langkah Tepat Mencegah Diabetes pada Anak

0
79
5 Langkah Tepat Mencegah Diabetes pada Anak

Diabetes pada anak harus dihindari sedini mungkin dengan cara yang tepat. Selama ini kita mengira diabetes hanya diderita orang dewasa, padahal anak-anak juga bisa menderita penyakit ini. Sebagai orangtua, lakukan usaha pencegahan terbaik agar anak tetap sehat.

Mencegah diabetes pada si kecil

Berikut adalah beberapa langkah tepat mencegah terjadinya diabetes pada si kecil.

1.     Berikan Jadwal Makan

Mengatur waktu makan ternyata sangat penting untuk dilakukan demi kesehatan anak. Jangan sembarangan memberi makan kepada anak kapan saja dia mau. Anda sebaiknya membuat jadwal makan untuk membuat si kecil terbiasa kapan dia harus makan dan tidak.

Jadwal makan yang berantakan dan tidak terkontrol membuat si kecil tidak memiliki kendali atas apa yang dia makan. Mereka juga jadi tidak tahu berapa banyak yang sudah dimakan. Kondisi seperti inilah yang kemudian dapat memicu munculnya diabetes.

2.     Kontrol Berat Badan

Menimbang berat badan anak secara rutin setiap bulan ternyata sangat penting untuk dilakukan. Kondisi berat badan yang jauh melebihi normal meningkatkan peluang terjadinya penyakit diabetes. Pastikan anak Anda bertumbuh dan berkembang dengan berat badan yang normal tidak melebihi batas.

3.     Berikan Camilan Sehat

Anak memang membutuhkan camilan di sela waktu makan utama mereka. Namun, bukan berarti mereka bebas makan camilan apa saja terutama makanan manis. Orangtua sebaiknya membiasakan anak untuk memakan camilan yang sehat seperti buah-buahan.

Menyediakan camilan sehat dengan batas gula yang wajar akan sangat membantu mencegah munculnya diabetes pada anak. Hindari konsumsi camilan kemasan secara berlebihan. Jika memang ingin mengonsumsi camilan kemasan, perhatikan kadar gulanya dan pastikan anak mengonsumsinya dalam batas wajar.

4.     Ajak Anak Berolahraga

Aktivitas fisik sangatlah penting untuk membantu menjaga kesehatan si kecil. Biasakan untuk mengajak anak berolahraga setiap hari. Ajak anak melakukan aktivitas olahraga yang menyenangkan seperti senam, berlari, atau mungkin berjalan-jalan di sekitar lingkungan rumah.

Membiasakan anak bermalas-malasan bisa berdampak buruk bagi kesehatan mereka. Jika Anda membuat jadwal rutin berolahraga, maka secara otomatis anak akan merasa akrab dengan aktivitas tersebut. Kebiasaan ini akan sangat membantu menjaga kesehatan tubuh mereka terutama ikut mengendalikan kadar gula dalam darah.

5.     Kurangi Makanan Manis

Diabetes terjadi akibat tubuh terlalu banyak menerima gula berlebih. Mudah saja, Anda bisa mencegah terjadinya diabetes dengan cara mengurangi konsumsi makanan manis. Meskipun si kecil memang sangat menyukai makanan manis, usahakan untuk membatasinya.

Dalam satu hari, Anda harus mengatur apa saja yang dimakan oleh anak. Jika kadar gula yang masuk ke dalam tubuh sudah berlebih maka pastikan mereka tidak mengonsumsi makanan manis lagi.

Itulah tadi beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit diabetes pada balita dan anak. Jika orangtua bisa tegas melakukan upaya pencegahan, maka penyakit ini tentu bisa dikendalikan. Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami kesulitan dalam mengatur kebiasaan makan anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here